7 Tips Berkendara Aman di Jalanan yang Licin, Penting di Musim Hujan

0
6

Suara.com – Seperti di tahun-tahun sebelumnya, bulan Januari adalah awal mula musim penghujan di sebagian besar wilayah Indonesia. 

Bagi pengguna kendaraan bermotor, akan ada sedikit masalah tersendiri ketika musim penghujan datang. Salah satunya adalah jalanan yang menjadi lebih licin.

Berkendara di jalanan licin memang susah-susah gampang. Jika tak berhati-hati, jalanan yang licin bisa menjadi sebab kecelakaan.

Untuk meminimalisir dampak jalanan yang licin, Suara.com melansir dari situs resmi Suzuki Indonesia tujuh tips berkendara aman di jalanan yang licin.

1. Jaga Jarak Aman.

Ilustrasi Mengendarai Motor. (Pexels)

Saat mengendarai motor di jalanan licin, jaga jarak aman dengan motor atau mobil di depan Anda. Karena di atas jalanan yang licin, daya cengkeram ban berkurang, sehingga butuh waktu lebih banyak saat melakukan pengereman.

2. Pastikan Seluruh Lampu Menyala.

Ilustrasi Lampu Motor. (pexels)
Ilustrasi Lampu Motor. (pexels)

Pastikan kalau semua lampu di motor menyala dan berfungsi sebagaimana mestinya. Supaya motor dan penunggang  tetap terlihat oleh pemotor atau pemobil lain. Apalagi saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, di mana jarak pandang jadi berkurang.

3. Berhati-hati Saat Menyalip.

7 Tips Berkendara Aman di Jalanan yang Licin, Penting di Musim Hujan - 3

Anda juga harus memerhatikan timing saat akan mendahului atau menyalip kendaraan di depan Anda. Pastikan kondisi aman untuk menyusul, kalau perlu beri isyarat dengan lampu jauh dan juga klakson.

4. Menikunglah dengan Santai.

Ilustrasi Kawasaki Ninja H2 2019. (asphaltandrubber.com)
Ilustrasi Kawasaki Ninja H2 2019. (asphaltandrubber.com)

Kalau jalanan licin, jangan gegayaan menikung ala pembalap MotoGP. Beloklah dengan hati-hati, jangan terlalu patah dan jangan berbelok di kecepatan tinggi.

Karena di jalanan licin daya cengkeram ban ke aspal berkurang, ban motor berpotensi mengalami selip, yang mengakibatkan terjatuh.

5. Jangan Ngebut.

Tidak Usah Ngebut. (pexels)
Tidak Usah Ngebut. (pexels)

Disaat kondisi jalan kering saja tidak dianjurkan untuk kebut-kebutan, apalagi disaat hujan dan jalanan licin. Saat hujan, beberapa ruas jalan biasanya terdapat genangan, kerikil atau pasir. Berkendaralah dengan kecepatan 30 hingga 40 kilometer per jam.

6. Waspada Jalan Berlubang.

Tips berkendara di jalan rusak. (skycrapercity.com)
Tips berkendara di jalan rusak. (skycrapercity.com)

Saat Anda berkendara dengan kecepatan tinggi, lalu tiba-tiba ada lubang di jalan, Anda akan lebih sulit untuk menghindar, apalagi di kondisi jalanan licin.

7. Gunakan Helm dengan Visor Terang.

Helm canggih, Jarvish. (motorcyclenews.com)
Helm canggih, Jarvish. (motorcyclenews.com)

Saat curah hujan sedang tinggi, helm dengan kaca helm atau visor yang gelap, akan menyulitkan melihat kondisi jalanan. Menggunakan helm dengan visor yang terang, akan sangat membantu.

Persiapkan dengan baik semua keperluan saat akan berkendara di musim hujan dan jangan lupa berdoa.



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini