Jika Tinggal di Kanada, Siapa yang Tanggung Biaya Keamanan Pangeran Harry?

0
5

Suara.com – Pangeran Harry berencana tinggal di Kanada setelah mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris dan hal ini sudah disetujui oleh Ratu Elizabeth II. Meski begitu tetap saja, keputusan ini masih meninggalkan beberapa polemik.

Salah satu yang ramai dibahas adalah tentang biaya keamanan Pangeran Harry beserta istri dan anaknya.

Sebelum mundur dari anggota senior kerajaan, biaya keamanan Pangeran Harry sekeluarga berasal dari pendapatan pribadi Charles yang diambil dari Duchy of Cornwall.

Namun semenjak melepaskan keanggotaannya, Pangeran Harry terancam tak lagi mendapat uang dari Duchy of Cornwall. Itu artinya, kerajaan sedang berpikir untuk mencari jalan keluar agar putra ke-2 Pangeran Charles ini tetap mendapat keamanan standar kerajaan.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan warga Kanada sangat menyambut keluarga Pangeran Harry tinggal di sana. Meski begitu, bukan berarti warganya turut senang menanggung biaya keamanan sang bangsawan Inggris.

Pangeran Harry mengumumkan mundur dari anggota kerajaan. (Instagram/@sussexroyal)

“Pemerintah federal Kanada belum terlibat sampai titik ini tentang apa yang akan melibatkan pasangan itu di Kanada,” kata Justin Trudeau seperti yang dilansir dari BBC.

Menurut Evening Standard, biaya keamanan keluarga Pangeran cukup tinggi, sekitar Rp 23 miliar. Menteri Keuangan Kanada, Bill Morneau belum menyatakan sikap atas biaya keamanan yang tak murah ini.

Presiden Jokowi dan PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20 Jepang - (Instagram/@michaelumbas)
Presiden Jokowi dan PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20 Jepang – (Instagram/@michaelumbas)

“Kami belum punya waktu memikirkan masalah ini. Sebagai anggota Persemakmuran, kami ingin selalu memastikan kalau kami akan ikut berperan. Tapi kami belum ada diskusi terkait hal itu sekarang,” jelas Bill Morneau, seperti dikutip dari Daily Mail.



Sumber Berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini